Phone Contact

Semangat PAGI..

Rabu, 19 Januari 2011

PTK Biologi Kelas IX

BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Melihat kenyataan dalam proses belajar mengajar siswa MTs Syekh Subakir Sumberasri Kec. Nglegok Kabupaten Blitar pada tahun pelajaran 2007/2008 semester 1 kelas IX setelah diadakan evaluasi belajar ulangan harian (formatif) pada pokok bahasan kelangsungan hidup makluk hidup sangat menurun (data terlampir I) padahal sudah diberikan pelajaran sesuai dengan alokasi waktu yang tersedia dan kurikulum yang berlaku.
Hasil belajar yang kurang baik ini disebabkan; (1) Penggunaan model pembelajaran yang kurang sesuai, (2) Rendahnya minat belajar siswa, karena tidak adanya dukungan dari keluarga atau orang tua, (3) sarana yang kurang memadai (4) lingkungan yang kurang mendukung.
Kondisi belajar diatas tentunya kurang sesuai dengan hasil belajar yang diharapkan, untuk itu perlu dilakukan berbagai usaha untuk meningkatkan hasil belajar tersebut.
Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) ditekankan pada pengolahan kegiatan belajar mengajar dengan pola pengajaran menggunakan beberapa variasi mengajar yang mungkin bisa digunakan, dengan memperhatikan aspek sosial dan individu siswa. Hal ini perlu digunakan untuk memunculkan kreatifitas dan kecerdasan siswa (multiple intelegence) sehingga semua potensi dan kompetensi siswa dapat muncul. Untuk itulah perlu dilakukan model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran TGT (Teams Games Tournament).
B. Rumusan Masalah
Permasalahan penelitian ini adalah bagaimana guru meningkatkan hasil belajar siswa MTs Syekh Subakir Sumberasri Kec. Nglegok Kabupaten Blitar khususnya kelas IX pada pokok bahasan kelangsungan hidup makluk hidup dengan model pembelajaran TGT (Teams Games Tournament).
C. Tujuan Penelitian
Penelitian ini bertujuan menghasilkan pengetahuan deskriptif, yaitu untuk mengetahui bagaimana model pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) dapat meningkatkan hasil belajar siswa MTs Syekh Subakir Sumberasri Kec. Nglegok Kabupaten Blitar pada pokok bahasan kelangsungan hidup makluk hidup khususnya kelas IX.

dst...

1 komentar:

  1. tlong kalo ada PTK PAI untuk kelas XI pak.
    tkong di kirim ke : bambang82@gmail.com

    BalasHapus