Phone Contact

Semangat PAGI..

Rabu, 20 April 2011

PTK kelas IX PKn

A. Latar Belakang
Melihat kenyataan dalam proses belajar mengajar siswa MTs Syekh Subakir Sumberasri Kec. Nglegok Kabupaten Blitar pada tahun pelajaran 2007/2008 semester 1 kelas IX setelah diadakan evaluasi belajar ulangan harian (formatif) pada pokok bahasan kelangsungan hidup makluk hidup sangat menurun (data terlampir I) padahal sudah diberikan pelajaran sesuai dengan alokasi waktu yang tersedia dan kurikulum yang berlaku.
Hasil belajar yang kurang baik ini disebabkan; (1) Penggunaan model pembelajaran yang kurang sesuai, (2) Rendahnya minat belajar siswa, karena tidak adanya dukungan dari keluarga atau orang tua, (3) sarana yang kurang memadai (4) lingkungan yang kurang mendukung.
Kondisi belajar diatas tentunya kurang sesuai dengan hasil belajar yang diharapkan, untuk itu perlu dilakukan berbagai usaha untuk meningkatkan hasil belajar tersebut.
Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) ditekankan pada pengolahan kegiatan belajar mengajar dengan pola pengajaran menggunakan beberapa variasi mengajar yang mungkin bisa digunakan, dengan memperhatikan aspek sosial dan individu siswa. Hal ini perlu digunakan untuk memunculkan kreatifitas dan kecerdasan siswa (multiple intelegence) sehingga semua potensi dan kompetensi siswa dapat muncul. Untuk itulah perlu dilakukan model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran TGT (Teams Games Tournament).
B. Rumusan Masalah
Permasalahan penelitian ini adalah bagaimana guru meningkatkan hasil belajar siswa MTs Syekh Subakir Sumberasri Kec. Nglegok Kabupaten Blitar khususnya kelas IX pada pokok bahasan kelangsungan hidup makluk hidup dengan model pembelajaran TGT (Teams Games Tournament).


dst ....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar