Phone Contact

Semangat PAGI..

Rabu, 19 Januari 2011

PTK IPA kelas XI SMA/MA

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah
Di era globalisasi ini bahasa memiliki peran yang sangat urgen dalam perkembangan intelektual, sosial dan emosional bagi peserta didik. Dalam hal ini Bahasa Arab memiliki peran yang tidak kalah penting dengan bahasa-bahasa lainnya di dunia ini. Untuk itulah, maka dalam rangka untuk berinteraksi dan berkomunikasi sangatlah diperlukan keterampilan berbahasa yang meliputi keterampilan berbicara, membaca dan menulis serta mendengarkan demi memenuhi tuntutan jaman dan perkembangan ilmu pengetahuan.
Dengan demikian, maka tak pelak lagi bilamana dikatakan bahwasanya kemampuan untuk menguasai bahasa memiliki fungsi yang sangat urgen dalam kehidupan sehari-hari, terutama Bahasa Arab dalam rangka untuk mengkonfirmasi kebenaran wahyu Illahi dalam rangka menghadapi era globalisasi dewasa ini.
Sebagaimana kita ketahui, bahwasanya Bahasa Arab adalah merupakan bagian dari Bahasa Internasional. Kaye berpendapat bahwa "Arabic language is spoken nationaly by over 150 million people" it is truly one of the great modern languages of the world (Istiqomah, 2004 : 1)
Berhubungan dengan teori dan praktek dalam penggunaan bahasa, maka dalam pendidikan ada beberapa metode yang harus ditempuh oleh pengajar maupun pelajar. Selama ini kita wring terfokus pads teori, padahal apabila kita kembali pada tujuan pokok pendidikan, yaitu mencerdaskan kehidupan insan, maka arti cerdas tidaklah hanya sebatas pada potensi intelegensi, akan tetapi ada hal lain yang tidak kalah penting yaitu aspek afektif dan psikomotorik. Oleh karena itulah, maka alangkah bijaksananya bilamana kita mau jujur pada realita yang sebenamya akan keadaan pendidikan di negeri kita ini yang lebih nampak memprioritaskan faktor intelegensi.
Bukan merupakan suatu hal yang asing lagi, bahwasanya bilamana ada suatu pendapat atau ungkapan tentang peran guru dalam perkembangan dan kemajuan anak didik adalah sangat menentukan untuk mencapai tujuan pengajaran yang diharapkan, maka seorang guru haruslah pandai dan bijak dalam memilih metode pengajaran agar sesuai dengan situasi dan kondisi anak didik. Hal tersebut dengan harapan agar anak didik dapat merasa senang dalam mengikuti proses belajar mengajar yang sedang berlangsung. Metode yang tepat diharapkan dapat memberikan kontribusi yang positif yakni berupa tercapainya tujuan pendidikan yang diharapkan dan proses belajar mengajar dapat menyenangkan.
Seorang guru hendaknya menyadari bahwasanya proses belajar mengajar yang hanya sebatas memberikan tugas pada siswa, maka kemampuan yang akan dicapai oleh siswa hanyalah sebatas memenuhi suatu tugas saja. Oleh karena itulah, maka untuk mendapatkan suatu hasil belajar yang diharapkan hendaknya seorang guru memiliki suatu metode yang tepat agar pelajar tidak hanya memiliki suatu kemampuan sebatas aspek kognitif saja yang nilainya hanya bersifat tujuan sesaat. Perlu pula dipahami bahwasanya hakekat ujian hanyalah sebagai evaluasi Berpijak dari latar belakang tersebut, maka jelaslah betapa urgennya pemberian tugas berupa tadriibaat as-suaal dengan mengaplikasikan kaidah¬-kaidah yang ada agar hasil belajar Bahasa Arab dapat meningkat terutama dalam hal penguasaan dan pemahaman materi juga dalam praktek kesehariannya.

dst....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar